Bagian Mobil yang Wajib Diperiksa Sebelum Digunakan Untuk Liburan

Mempersiapkan-mobil-untuk-liburan-300x225Di musim liburan, sebagian masyarakat memanfaatkan waktu senggangnya untuk bepergian bersama keluarga. Tak sedikit dari mereka memilih menggunakan kendaraan pribadi sebagai transportasi selama liburan.

Untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang terjadi, ada beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum mobil digunakan untuk menempuh perjalanan yang jauh. Berikut bagian yang perlu Anda perhatikan:

  1. Oli mesin.
    Oli mesin berfungsi membuat performa daya pacu mobil menjadi optimal. Jika sistem pelumasan dalam mesin tidak baik, maka dapat menyebabkan mesin tak bekerja dengan optimal. Sebelum menggunakan mobil untuk perjalanan jauh, ada baiknya cek oli dengan stik oli mesin.
  2. Rem
    Cek ketinggian minyak rem dan pastikan berada pada posisi maksimum. Jika minyak rem kurang, segera tambahkan minyak rem untuk mobil Anda. Periksa juga kampas rem untuk memastikan tak ada kebocoran.
  3. Aki
    Bagian ini masih banyak disepelekan oleh orang. Untuk mobil yang menggunakan aki basah, sebaiknya periksa kondisi dan volume air aki sebelum bepergian jauh. Aki yang berkurang airnya dapat merusak sistem kelistrikan. Bila volume berkurang, tambahkan air aki. Sedangkan untuk mengecek aki kering, cukup periksa tegangan dengan voltmeter, jika tegangan normal, maka bisa dipastikan aki dalam keadaan baik.
  4. Wiper
    Wiper berguna untuk menjaga kebersihan kaca depan melalui semprotan wiper washer. Tidak adanya air untuk membersihkan kaca dapat menyulitkan pengendara saat kaca depan kotor dan mengurangi visibilitas berkendara.
  5. Radiator
    Cek volume air pada reservoir radiator untuk memastikan bahwa tidak ada masalah dengan pendingin mesin. Jika air radiator dirasa kurang, maka tambahkan air ke dalamnya. Untuk memaksimalkan kerja radiator, kita juga dapat menambahkan cairan coolant ke dalamnya tentu sesuai takaran penunjuk penggunaan.
  6. Ban
    Cek kondisi ban apakah masih dalam kondisi yang bagus dan aman untuk digunakan. Lihat kondisi tebal tipisnya ban apakah masih sama atau ada yang berbeda. Kondisi ketebalan ban yang berbeda tentunya dapat membahayakan pengendara mobil tersebut. Selain itu, cek juga tekanan angin pada mobil karena jika kurang dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.
  7. Filter Udara
    Biasanya filter udara yang berperan menyaring udara luar sebelum masuk ke dalam mesin ini akan menghitam jika sudah lama tidak dibersihkan. Kotoran berupa tumpukan debu ini bisa dihilangkan dengan cara menyemprot filter udara dengan angin bertekanan tinggi. Filter udara yang bersih dapat membuat tarikan mesin jadi ringan dan perjalanan jauh pun bisa berjalan lancar.

 

 

sumber : www.asuransiastra.com

Share gardaotojakarta.com
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *